APA SAJA MEDIA SEKARANG?
Pada suatu waktu, "media" hanya berarti media massa radio, televisi, surat kabar, dan majalah. Kami sekarang berbicara tentang "media baru," istilah yang biasanya terkait dengan teknologi media interaktif, seperti internet dan permainan video. Meskipun cara kami menggunakan beberapa media baru tidak begitu baru dan berbeda lagi, seperti membaca berita online, media lama memperoleh dimensi interaktif baru, seperti memilih dengan ponsel kami untuk American Idol favorit kami di TV. Aspek yang menentukan dari media baru adalah digital, interaktif, sosial, asynchronous, multimedia, dan narrowcasted.
APA MASYARAKAT INFORMASI? Masyarakat informasi adalah satu di mana produksi, pengolahan, distribusi, dan konsumsi informasi adalah kegiatan ekonomi dan sosial utama. Dalam masyarakat informasi, jumlah waktu yang terus meningkat dihabiskan dengan media komunikasi digital. Kebanyakan orang dipekerjakan sebagai pekerja informasi: orang yang menghasilkan, memproses, atau menyebarkan informasi sebagai aktivitas kerja utama mereka. Masyarakat informasi adalah langkah lebih lanjut dalam evolusi masyarakat dari basis sebelumnya di bidang pertanian dan manufaktur.
BAGAIMANA MEDIA MASSA DAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGHUBUNGI?
Lebih banyak komunikasi dibuat dan didistribusikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca komputer. Perubahan ini berarti bahwa teknologi dasar yang sama dapat digunakan untuk mengirimkan semua bentuk komunikasi — teks, audio, atau video — dalam sistem komunikasi terpadu seperti Internet. Dengan demikian, saluran komunikasi yang terpisah tidak lagi diperlukan untuk setiap media. Industri media massa, telekomunikasi, Internet, dan perangkat lunak komputer semuanya merupakan bagian dari sektor informasi ekonomi yang sama — mereka, dengan kata lain, berkumpul.
APA SAJA KOMPONEN DARI PROSES KOMUNIKASI?
Semua proses komunikasi dapat dijelaskan dalam bentuk model sederhana di mana sumber perusahaan atau individu mengkodekan pesan dan mengirimkannya melalui saluran fisik kepada orang yang dimaksudkan pesan tersebut - penerima. Kami menyebutnya model SMCR. Dalam sebagian besar situasi komunikasi, umpan balik juga diberikan antara penerima dan sumber. Pandangan kontemporer dari proses menekankan bahwa itu terjadi dalam konteks budaya yang dibagi oleh sumber dan penerima dan bahwa baik sumber maupun penerima berkontribusi pada penciptaan makna.
APA ITU KOMUNIKASI MASSA?
Pandangan konvensional adalah bahwa komunikasi massa melibatkan organisasi profesional besar, khalayak ratusan atau ribuan atau jutaan orang, dan tidak ada umpan balik langsung antara sumber dan penerima. Surat kabar, majalah, radio, televisi, dan film adalah contoh dari media massa.
APA SAJA JENIS KOMUNIKASI LAINNYA?
Ketika saluran komunikasi adalah perangkat elektronik atau mekanis — seperti stasiun radio atau proyektor film — kami menyebutnya komunikasi termediasi. Komunikasi yang dimediasi mungkin bersifat point-to-point satu-ke-banyak, atau multipoint-to-multipoint. Komunikasi dapat dicirikan sesuai dengan jumlah orang yang terlibat. Komunikasi intrapersonal melibatkan satu orang, komunikasi interpersonal biasanya hanya mencakup dua orang, dan komunikasi kelompok kecil biasanya mencakup lebih dari dua tetapi kurang dari selusin peserta. Komunikasi kelompok besar melibatkan puluhan atau ratusan orang, tetapi umpan balik masih segera. Komunikasi juga dapat dicirikan sesuai dengan pengaturan di mana itu terjadi. Misalnya, komunikasi organisasi terjadi di dalam organisasi yang terstruktur secara formal.
DI MANA MEDIA MASSA DARI MANA?
Meskipun media massa memiliki pelopor dalam masyarakat pertanian dan pra-pertanian, mereka umumnya dianggap sebagai ciptaan dari Zaman Industri. Metode-metode produksi massal ditambah dengan munculnya khalayak kota besar untuk media selama Zaman Industri menyebabkan munculnya media massa cetak dan kemudian.
APAKAH INTERAKTIVITAS?
Berbagai arti telah dilekatkan pada istilah interaktif, mulai dari kemampuan sederhana untuk memilih
konten dari sejumlah besar pilihan untuk perangkat yang dapat lulus tes Turing dengan setia meniru interaksi manusia. Istilah ini harus disediakan untuk situasi komunikasi di mana pengguna memodifikasi konten dengan memberikan umpan balik ke sumber secara real time.
APA MEDIA BARU?
Tren jangka panjang adalah untuk mengintegrasikan banyak saluran komunikasi khusus ke semua
jaringan digital tujuan yang akan memberikan akses pada kenyamanan audiens. Bentuk-bentuk media massa yang dikenal seperti surat kabar, radio, dan televisi berkembang menjadi, atau belajar untuk hidup berdampingan dengan, bentuk-bentuk baru yang serba digital, seperti World Wide Web. Kemampuan interaktif baru memberi pengguna ukuran kontrol baru atas saluran media yang mereka konsumsi, di mana dan kapan mereka mengonsumsi media, dan bahkan konten dari saluran tersebut. Sumber media massa menjadi lebih banyak dan juga kurang otoritatif dan profesional. Pesan disesuaikan untuk segmen pemirsa khusus yang lebih kecil, kadang-kadang bahkan menggunakan bentuk alamat pribadi, dan disempitkan ke segmen ini daripada disiarkan ke khalayak yang homogen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar